Selamat Datang di SMK Sumbangsih Pariwisata

Visi

Mendidik anak bangsa menjadi tenaga kerja tangguh, mandiri dan profesional.

Misi

  1. Menghasilkan tamatan siap kerja, mandiri dan profesional.
  2. Meningkatkan kerjasama dengan industri pariwisata di dalam maupun di luar negeri.
  3. Menanamkan nilai nilai budaya bangsa.

Sambutan Kepala SMK Sumbangsih Pariwisata Jakarta

Dengan Rahmat Allah SWT yang dilimpahkan kepada kita semua, SMK Pariwisata Sumbangsih memperbaharui website terkini sesuai dengan wajah baru dengan menampilkan informasi penting tentang SMK Pariwisata Sumbangsih. Website menjadi sarana prasarana informasi yang dibutuhkan dalam memenuhi harapan publik, juga menjadi ajang promosi sekolah yang cukup efektif terutama bagi yang ingin mencari sekolah berkualitas. Dengan hadirnya website SMK Pariwisata Sumbangsih bisa menjadi sarana komunikasi antar sekolah serta kordinasi , distribusi bagi para alumni demi kemajuan sekolah tercintanya. SMK Pariwisata Sumbangsih berdiri pada Tahun 2015 , mendapatkan siswa baru sejumlah 8 siswa. Tidak mudah bagi SMK Pariwisata yang baru muncul di wilayah Jl. Dr. Muwardi II Grogol, yang belum dikenal masyarakat tampil dengan profil seadanya, nilai jual juga belum ada untuk membuat orangtua yakin, apalagi dengan statusnya masih terdaftar. Tahun kedua mendapat 4 siswa yang berasal dari lingkungan ekonomi menengah kebawah. Bermacam macam masalah mulai dari siswa tidak bersekolah karena tidak punya ongkos atau tidak masuk karena tidak bisa membayar SPP.

Yayasan Perguruan Sumbangsih saat membuka SMK Pariwisata telah menyiapkan fasilitas praktek untuk kebutuhan pembelajaran seperti Model Room, Ruang Praktek Front Office, Ruang Praktek Boga dan ruang belajar lengkap dengan AC. Bermacam-macam promosi dan kerja sama dengan berbagai hotel serta Perguruan Tinggi telah dilaksanakan oleh Kepala Sekolah Ibu Dra. Endang Setyawati, seperti membawa anak-anak praktek ke Trisakti belajar memasak Roti, Table manner, Garnish Tata Boga. Juga memberikan ilmu ketrampilan kepada Ibu-Ibu PKK belajar cara melipat serbet (napkin folding) garnis hiasan makanan dengan harapan ibu-ibu disekitar sekolah mau mendaftarkan putra putri nya ke SMK Pariwisata Sumbangsih. Agar lebih dikenal SMK Pariwisata mengadakan lomba Basket, Futsal untuk siswa SMP dengan menggunakan fasilitas Olah raga Sumbangsih yang ada dilantai empat. Juga mengadakan Try Out untuk SMP kelas 9 . Dalam bidang keahlian SMK Pariwisata telah menjalin kerja sama dengan hotel-hotel seperti Grand Tropic Suite, Hotel Mega Anggrek, Grand Hyatt, REDTOP Hotel & Convention Center, Hotel Aryaduta, Hotel Indonesia Kempinski, dll. Bidang pembelajaran SMK Pariwisata Sumbangsih menjalin kerjasama dengan SMKN 60, untuk uji kompetensi siswa. Pada saat PPDB dimana SMK Pariwisata Sumbangsih tidak ketinggalan membagikan brosur (buka stand PPDB) di SMKN 38, SMKN 60, SMKN 27, SMKN 13, SMKN 30. Begitulah kerja warga SMK Pariwisata Sumbangsih dalam melaksanakan promosi sekolah demi mendapatkan siswa masuk ke SMK Pariwisata Sumbangsih. Alhamdulillah Tahun ke tiga berkat partisipasi aktif dan kerjasama warga sekolah, orangtua dan instansi terkait, kami mendapatkan siswa sebanyak 52 siswa, dan tahun keempat mendapatkan siswa 108 siswa. Kesempatan untuk mempercantik sekolah semakin diperhatikan sesuai dengan bertambahnya jumlah siswa SMK Pariwisata. Saat ini telah memiliki 9 kelas dengan jumlah murid 214 dengan kompetensi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

Agar para siswa dapat pengetahuan dunia industry lebih baik , SMK Pariwisata Sumbangsih mengajukan tempat praktek kerja lapangan ( Prakerin ) di beberapa hotel berbintang 4 dan 5. Para siswa dilatih selama 6 bulan di hotel-hotel seperti Grand Hyatt 5 siswa, Hotel indonesia Kempinski 2 siswa, Hotel Keraton 4 siswa, Hotel Millenium 5 siswa, Aryaduta 5 siswa, Hotel Red Top 5 siswa, Hotel Peninsula 7 siswa, Hotel Grand Tropic Suite 5 siswa, Jayakarta Hotel, 5 siswa, Tjokro Hotel 9 siswa, Hotel Mirah Bogor 1 siswa, Domino Hotel 2 siswa. Alhamdulilah selama 6 bulan peserta didik dapat menyelesaikan PKL mereka di bagian Front Office, Housekeeping, F & B Service dengan baik dan lancar. Dengan berjalanya waktu SMK Pariwisata telah meluluskan 2 angkatan lulusan dengan mendapat prestasi nilai UNBK di posisi atas . Untuk peringkat DKI SMK Negeri dan Swasta dari 580 SMK Pariwisata ada pada urutan 131 , Jakarta Barat pada urutan ke 23 dari 116 SMK Negeri dan Swasta. Dari 11 alumni SMK Pariwisata ada yang melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi seperti STP Sahid dan STP Paramadina APJIH. Demikianlah perjalanan SMK Pariwisata Sumbangsih dalam membangun sekolah baru dengan tekad kompak kerjasama antar guru tanpa menghitung besar gaji, kami menambah sedikit demi sedikit jumlah murid. Mudah-mudahan dengan bantuan dan perhatian dari berbagai pihak SMK Pariwisata Sumbangsih semakin maju dan berprestasi. Akhir kata tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru dan karyawan serta siswa/i SMK Pariwisata Sumbangsih sehingga websites ini lebih berguna dan bermanfaat. Aamiinn

Kepala SMK Pariwisata Sumbangsih,
Dra. Syofriyanti